Rabu, 18 April 2012

Eksplorasi Radikal Buku “ Change And Movement “




Sungguh menarik untuk mengekplorasi mindset para manusia yang memiliki spirit perubahan, mengisi waktu dengan maksimal dan penuh makna untuk melakukan revolusi diri dan lingkungan dari waktu ke waktu menuju ke dunia “ high speed Movement “. Sala satu tokoh revolusioner yang akan saya  ekpolrasi mindset berfikirnya adalah Imam Robandi. Sala satu pioner perubahan di Muhammadiyah. Sala satu buku yang menarik yang beliau tulis adalah :At-taghyiir wal warakah ( Change and Movement ). Buku yang telah dan akan menjadi inspirasi bagi aktivis-aktivis pendidikan untuk menjadikan yayasan pendidikannya siap untuk “ bertarung “ di kancah nasional atau bahkan di kancah internasional .

Sari pati yang saya akan coba peras dari buku beliau sebagai sebuah cendra mata renungan Jiwa terhadap butiran mutiara-mutiara yang terbendam dalam tiap untaian kata-kata di dalam buku tersebut.  walaupun buku beliau  menggunakan bahasa yang ringan tapi buku sarat akan makna, sebuah makna kehidupan yang bearti. Renungan Jiwa yang Hanya dinikmati sendiri sambil minum kopi tanpa mengukirkannya dalam sebuah coretan tinta, hikmah dari renungan jiwa pasti akan hilang bersama waktu yang terus berputar.

Mudah-mudahan  catatan ini bisa bermampaat buat kawan-kawan sekalian selaku para aktivis Pendidikan. mari kita renungkan bersama mutiara-mutiara yang terpendam dalam buku “ Change dan Movement “
1.       Chafter 61 ---- Adaptability

v  Seorang yang sadar bahwa dirinya pemimpin harus siap mengambil resiko. Harus mempunyai sikap tegas dan bijak.
v  Manusia yang ingin maju harus berani mengambil keputusan, jangan berjalan antara ya dan tidak.

2.       Chafter 62 ---- Time Is Limited

v  Revolusi harus berawal dari hal yang kecil, dan Just to do it !!.
v  Karater seorang muslim sejati adalah senantiasa menjaga kebersihanya. Baik kebersihan hati, diri, dan lingkungannya.
v  Education is The Great Power in a Country.
v  Hidup di Dunia sangat terbatas, sehingga penggunaan energi dan waktu juga terbatas. Mampaatkan energi terbatas itu untuk menghasilkan kinerja yang maksimal.
v  Harapan masa depan ada di pendidikan ini adalah mindset Jepang. Dan akan menjadi mindset negara-negara yang sadar akan “Change dan Movement “.

v  Keterbatasan itu peluang dan tatantangan untuk berkreatvitas, berfikir untuk membuat sebuah terobosan. Dan tantangan adalah sarana untuk mengembangan diri menjadi eksekutor sejati. Yang meyelesaikan pekerjaan dengan totalitas.
v  Perpustakaan adalah jendela Dunia. “ sebaik-baiknya teman duduk adalah Buku “.





3.       Chafter  63 --- dari mana harus melangkah ??

v  Perubahan harus diawali dari sesuatu yang kecil terlebih dahulu.
v  Peserta didik akan memilki mental disiplin dan mental senantiasa ingin belajar. Jika para pendidiknya memilki mental disiplin dan mental senantiasa ingin belajar juga.  “ uyah tara te’es ka luhur “.
v  Seorang Guru harus menjadi uswatuh hasanah dalam hal apapun untuk para muridnya.
v  Eksekusi !!!! apa yang menajadi target diri atau sekolah,  jangan menghabiskan waktu dan tenaga hanya untuk “ membiacarakan “  soal konsep, rencana  perubahan. Tetapi jauh dari tindakan nyata.

4.       Chafter 64 --- Hosni Mubarak dan pohon pisang ---

v  Dua priode jabatan adalah masa jabatan yang produktif selebihnya akan biasa-biasa saja. ( pak robandi menganalogikan dengan makan. Terasa nikmatnya makan adalah di setengah piring pertama, selebihnya biasa saja ). Saya tidak setuju…. !!!. produktif tidak produktif bukan dilihat dari masa jabatan tetapi lebih ke amanahan dan tanggung jawab pemimpin itu sendiri.

v  Pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang dapat melahirkan kader-kader yang hebat sebagai pelanjut estapeta perjuangannya.

v  Filosif regenerasi pohon pisang … Dia tidak berlama-lama setelah buahnya matang. Tunas berikutnya sudah menyusul siap untuk membri kontibusi untuk kehidupan. Pohon pisang selalu melukan regernerasi dengan “ sistematis “ secara kultural dan struktural. Pohon pisang yang sudah tua langsung digantikan dengan tunas-tunas muda yang hebat. Gesit dan geregetan yang mempunyai cita-cita tinggi …

v  Bercita-citalah untuk naik “maqom “ yang lebih tinggi agar menambah keilmuan anda dan menambah pengalaman anda.
5.       Chafter  65 ----  Mabuhai Bangsa Moro

v  Pengorbanan sudah menjadi sebuah sistem di alam ini untuk membayar sebuah perubahan ke arah yang lebih baik.

v  Guru dalam bidang apapun harus bisa bahasa inggris. English is world language.


6.       Chafter 66 --- Lesson Learned From Japan

v  Perubahan tidak di hasilkan dengan banyak berkata-kata, tetapi perubahan dihasilkan dari sebuah tindakan nyata.
v  Study banding dibutuhkan untuk memperluas wawasan, ilmu dan sudut pandang yang berbeda. Sehingga kita akan lebih cepat dalam melakukan “ Move to Change “.

7.       Chafter 67 --- Timing dan Magnitude ---

v  Semangat berkobar, tetapi tetap tenang dalam mengeksekusi setiap pergeragakan ke arah “ change “.
v  Semangat yang berkobar tetapi di saat waktu yang tidak tepat, maka akan mengasilkan kinerja yang tidak optimal.
v  Pelajaran dari Mike Tyson sering memukul dengan tenaga besar tetapi di waktu yang tidak tepat, sebaliknya Leornard sugar say, pukulannya sangat tepat tetapi bobot pukulannya kurang. Ini adalah faktor Timing dan Magnitude yang tidak pas !!.


8.       Chafter 68 ---- Effficienta ----

v  Bangsa jepang selalu berfikir efesient. Semua diatur dengan sebuah sistem ke efesienanan dan ke efektipan. Sehingga eksekusi pekerjaan menjadi lebih mengirit tenaga dan keuangan. ( Kisah supir jepang )
v  Sistem yang efesient berpengaruh terhadap hasil kinerja. Terutama terwujudnya kultur yang lebih cepat dalam bergerak.
v  Efficient is a future of jafan. Islam is the source of Efesient.

9.       Chafter 69 --- Chicken Of fish ----
v  Ikan lebih baik dari pada ayam, sapi. Ikan memiliki nilai yang lebih banyak. Dari mulai sekolah dasar anak-anak jepang sudah ditanamkan untuk menyukai ikan.

10.   Chafter 70 --- Pilar of Genteng ----
v  Revolusioner jumlahnya amat sedikit, seperti piramida terbalik. Revolusioner memiliki karakter yang kuat, sehingga bisa membuat kultur budaya menjadi lebih baik.

11.   Chafter 71 --- Satu titik pertumbuhan ---
v  Satu titik pertumbuhan adalah lebih berarti daripada seribu harapan – kyai Dzamaludin ---


12.   Chafter 72 --- Penanggungan ---
v  Karena Horisontalisasi yang telah merambah dunia, maka sekolah di kota kecil pun dapat berprestasi sama dengan sekolah-sekolah yang berada di kota besar, ini adalah sebuah ethos/ spirit / giroh.
v  Tidak ada perbedaan antara kota kecil dan  kota besar dalam hal ethos, sekolah dimanapun boleh sukses dan juga dimana pun sekolah dapat gagal

13.   Chafter 73 --- Ethos Baritho ---
v  Berani sukses, berani untuk berbeda. Kunci keberhasilan adalah kerja keras dan tawakal.

14.   Chafter 74 --- Rem jangan banyak diinjak ---
v  Ketika anda melakukan percepatan, maka janganlah banyak menginjak rem. Dan janganlah terlalu banyak melihat kaca spion. Perubahan dunia sangat cepat dan mau mentoleransi kepada siapapun  yang  tidak mau berubah. Anda akan di tinggal oleh customer jika alergi denga  perubahan, dan akan menjadi penonton abadi kesuksesaan sekolah lain.

15.   Chafter 75 --- Kemenangan awal ---

v  Jalinan silaturami dhohir dan batin untuk saling menyuksesan dan saling membesarkan ini adalah awal kemenangan.


16.   Chafter 76 --- High Speed Movement ---
v  Dalam dunia pendidikan atau dakwah harus berjalan diatas rel yang berbasis pada prinsip-prinsip progresivitas, agresivitas, kecepatan, dan keberanian untuk memasang target-target yang terukur secara ilmiah.
v  Perubahan menghasilkan kultur yang struktural harus ditopang dan difikirkan bersama-sama
v  Kebersamaan menghasilakn sebuah kekuatan.
v  Jadilah pioner !! jangan menunggu pioner datang lalu menganjak untuk berlari
v   
17.   Chafter 77 --- Ila akhi fadhil Dr. Robandi ---

v  Mahyadillah fahuha Muhtadi, waman Yudhil falantajidalahu walimursyida
v  Allah is great power to Change
v  Internalisasi asmaul husna kedalam diri menghasilkan kekuatan nyata.
v  Syahadat adalah deklarasi kemerdekaan diri.
v  Luruskan niat Mu …!!!!, sebelum “ Move To Change “
v  Al-Anfal : 62-63
“ dan Jika mereka hendak menimpa mu, maka sesungguhnya cukuplah Allah ( cukup pelindung bagimu. Dialah yang memebrikan kekuaatan kepada mu dengan pertolongannya dan dengan dukungan orang-orang mukmin. “

“Dan Allah yang mempersatukan hati (orang beriman). Walau kamu meninfaqkankan semua kekayaan yang berada di bumi niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya dia maha perkasa dan bijaksana.

18.   Chafter 78 --- Revolusi ---

v  Mengubah mindset dengan menjejalinya dengan virus mental yang haus akan sebuah Change dan Movement.
v  Merubah mindset dengan sebuah tindakan nyata. Perubahan tidak akan terjadi hanya dengan sebuah retorika belaka. Tetapi perubahan terjadi dengan sebuah eksekusi nyata.
v  Putusnya silaturami =  putusnya rantai move to change
v  Silaturami salasatu acara untuk menyatukan mindset.
v  Ingin maju atau tidak adalah sebuah pilihan dalam hidup.

19.   Thaks mas Imam

v  Move to Change berawal dari mind set yang sudah terjangkit virus perubahan  “ The High speed movement “