BUDI UTOMO VS SARIKAT
ISLAM
Sayyid
Quthb di dalam “Tafsir Baru Atas Realitas”
menyatakan orang-orang yang mengikuti sesuatu tanpa pengetahuan yang
cukup adalah sama dengan orang-orang jahiliyah, walau orang itu mungkin seorang
ustadz, dosen, bahkan profesor. Jangan sampai kita “Fa Innahu Minhum” (kita
menjadi golongan mereka) terhadap kejahiliyahan.
Lahirnya budi utomo dijadikan sebagai
tanggal bagi hari kebangkitan nasional, tapi ternyata menurut logika
kesejarahan (aplicable teory) yang berhak dijadikan hari kebangkitan
nasional adalah ketika berdirinya syariat dagang islam (SDI) yang kemudian
berubah menjadi Syarikat Islam (SI) pada tanggal 16 oktober 1905, tiga tahun
sebelum BO.karena organisasi budi utomo sama sekali tidak berhak dijadikan
tongak kebangkitan nasional, karena BO sama sekali tidak pernah mencita-citakan
kemerdekaan, pro-penjajahan yang dilakukan Belanda, dan banyak tokohnya anggota
aktif Freemasonry yang merupakan organisasi pendahulu dari Zionisme. Disini penulis
akan memaparkan argumen yang nyata bagaikan matahari di siang bolong, tentunya
dengan logika pemikiran yang benar (the true thingcable) dan fakta
kesejarahan.
Penghinaan Terhadap Perjuangan Umat Islam
Dipilihnya
tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional, sesungguhnya merupakan suatu
penghinaan terhadap esensi perjuangan merebut kemerdekaan yang diawali oleh
tokoh-tokoh Islam. Karena organisasi Syarikat Islam (SI) yang lahir terlebih
dahulu dari Boedhi Oetomo (BO), yakni pada tahun 1905, yang jelas-jelas
bersifat nasionalis, menentang penjajah Belanda, dan mencita-citakan Indonesia
merdeka, tidak dijadikan tonggak kebangkitan nasional.
Mengapa BO yang terang-terangan antek penjajah Belanda, mendukung penjajahan Belanda atas Indonesia,
Mengapa BO yang terang-terangan antek penjajah Belanda, mendukung penjajahan Belanda atas Indonesia,
a-nasionalis, tidak pernah mencita-citakan
Indonesia merdeka, dan anti-agama malah dianggap sebagai tonggak kebangkitan
bangsa?Ini jelas kesalahan fatal. Apakah para petinggi kita itu orang bodoh?.
KH. Firdaus AN dalam bukunya yang berjudul “syariat islam bukan budi utomo: meluruskan sejarah pergerakan bangsa tegas.” Beliau menegaskan “BO tidak memiliki andil sedikit pun untuk perjuangan kemerdekan, karena mereka para pegawai negeri yang digaji Belanda untuk mempertahankan penjajahan yang dilakukan tuannya atas Indonesia. Dan BO tidak pula turut serta mengantarkan bangsa ini ke pintu gerbang kemedekaan, karena telah bubar pada tahun 1935. BO adalah organisasi sempit, lokal dan etnis, di mana hanya orang Jawa dan Madura elit yang boleh menjadi anggotanya. Orang Betawi saja tidak boleh menjadi anggotanya,
KH. Firdaus AN dalam bukunya yang berjudul “syariat islam bukan budi utomo: meluruskan sejarah pergerakan bangsa tegas.” Beliau menegaskan “BO tidak memiliki andil sedikit pun untuk perjuangan kemerdekan, karena mereka para pegawai negeri yang digaji Belanda untuk mempertahankan penjajahan yang dilakukan tuannya atas Indonesia. Dan BO tidak pula turut serta mengantarkan bangsa ini ke pintu gerbang kemedekaan, karena telah bubar pada tahun 1935. BO adalah organisasi sempit, lokal dan etnis, di mana hanya orang Jawa dan Madura elit yang boleh menjadi anggotanya. Orang Betawi saja tidak boleh menjadi anggotanya,
BO
didirikan di Jakarta tanggal 20 Mei 1908 atas prakarsa para mahasiswa
kedokteran STOVIA, Soetomo dan kawan-kawan. Perkumpulan ini dipimpin oleh para
ambtenaar, yakni para pegawai negeri yang setia terhadap pemerintah kolonial
Belanda. BO pertama kali diketuai oleh Raden T. Tirtokusumo, Bupati
Karanganyar kepercayaan Belanda, yang memimpin hingga tahun 1911. Kemudian dia
diganti oleh Pangeran Aryo Notodirodjo dari Keraton Paku Alam Yogyakarta
yang digaji oleh Belanda dan sangat setia dan patuh pada tuanya.
Di dalam rapat-rapat perkumpulan dan bahkan di dalam penyusunan anggaran dasar organisasi, BO menggunakan bahasa Belanda, bukan bahasa Indonesia. “Tidak pernah sekali pun rapat BO membahas tentang kesadaran berbangsa dan bernegara yang merdeka. Mereka ini hanya membahas bagaimana memperbaiki taraf hidup orang-orang Jawa dan Madura di bawah pemerintahan Ratu Belanda, memperbaiki nasib golongannya sendiri, dan menjelek-jelekkan Islam yang dianggapnya sebagai batu sandungan bagi upaya mereka, ” papar KH.Firdaus.
Di dalam rapat-rapat perkumpulan dan bahkan di dalam penyusunan anggaran dasar organisasi, BO menggunakan bahasa Belanda, bukan bahasa Indonesia. “Tidak pernah sekali pun rapat BO membahas tentang kesadaran berbangsa dan bernegara yang merdeka. Mereka ini hanya membahas bagaimana memperbaiki taraf hidup orang-orang Jawa dan Madura di bawah pemerintahan Ratu Belanda, memperbaiki nasib golongannya sendiri, dan menjelek-jelekkan Islam yang dianggapnya sebagai batu sandungan bagi upaya mereka, ” papar KH.Firdaus.
Di dalam Pasal 2 Anggaran Dasar BO tertulis “Tujuan organisasi untuk menggalang kerjasama guna memajukan tanah dan bangsa Jawa dan Madura secara harmonis. ” Inilah tujuan BO, bersifat Jawa-Madura sentris, sama sekali bukan kebangsaan.
Noto Soeroto, salah seorang tokoh BO, di dalam satu pidatonya tentang Gedachten van Kartini alsrichtsnoer voor de Indische Vereniging berkata: “Agama Islam merupakan batu karang yang sangat berbahaya... Sebab itu soal agama harus disingkirkan, agar perahu kita tidak karam dalam gelombang kesulitan. ”
Sebuah artikel di “Suara Umum”, sebuah media massa milik BO di bawah asuhan Dr. Soetomo terbitan Surabaya, dikutip oleh A. Hassan di dalam Majalah “Al-Lisan” terdapat tulisan yang antara lain berbunyi, “Digul lebih utama daripada Makkah”, “Buanglah Ka’bah dan jadikanlah Demak itu Kamu Punya Kiblat!” (M. S) Al-Lisan nomor 24, 1938.
Karena sifatnya yang tunduk pada pemerintahan kolonial Belanda, maka tidak ada satu pun anggota BO yang ditangkap dan dipenjarakan oleh Belanda. Arah perjuangan BO yang sama sekali tidak berasas kebangsaan, melainkan chauvinisme sempit sebatas memperjuangkan Jawa dan Madura saja telah mengecewakan dua tokoh besar BO sendiri, yakni Dr. Soetomo dan Dr. Cipto Mangunkusumo, sehingga keduanya hengkang dari BO.
Bukan
itu saja, di belakang BO pun terdapat fakta yang mencengangkan. Ketua pertama
BO yakni Raden Adipati Tirtokusumo, Bupati Karanganyar, ternyata adalah
seorang anggota Freemasonry. Dia aktif di Loge Mataram sejak tahun 1895.
Sekretaris BO (1916), Boediardjo, juga seorang Mason yang mendirikan
cabangnya sendiri yang dinamakan Mason Boediardjo. Hal ini dikemukakan
dalam buku “Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia Belanda dan Indonesia
1764-1962” (Dr. Th. Stevens), sebuah buku yang dicetak terbatas dan hanya
diperuntukan bagi anggota Mason Indonesia.
Dr. Soetomo dan Dr. Cipto Mangunkusumo Kecewa dengan Budi utomo (BO).
Dr. Soetomo dan Dr. Cipto Mangunkusumo Kecewa dengan Budi utomo (BO).
Karena
BO tidak pernah membahas kebangsaan dan nasionalisme, mendukung penjajahan
Belanda atas Indonesia, anti agama, dan bahkan sejumlah tokohnya ternyata
anggota Freemasonry. Ini semua mengecewakan dua pendiri BO sendiri yakni Dr.
Soetomo dan Dr. Cipto Mangunkusumo, sehingga keduanya akhirnya hengkang dari
BO.
Tiga tahun sebelum BO dibentuk, Haji Samanhudi dan kawan-kawan mendirikan Syarikat Islam (SI, awalnya Syarikat Dagang Islam, SDI ) di Solo pada tanggal 16 Oktober 1905. “Ini merupakan organisasi Islam yang terpanjang dan tertua umurnya dari semua organisasi massa di tanah air Indonesia, ” tulis KH. Firdaus AN.
Berbeda dengan BO yang hanya memperjuangkan nasib orang Jawa dan Madura—juga hanya menerima keanggotaan orang Jawa dan Madura, sehingga para pengurusnya pun hanya terdiri dari orang-orang Jawa dan Madura—sifat SI lebih nasionalis. Keanggotaan SI terbuka bagi semua rakyat Indonesia yang mayoritas Islam.
Sebab itu, susunan para pengurusnya pun terdiri dari berbagai macam suku seperti: Haji Samanhudi dan HOS. Tjokroaminoto berasal dari Jawa Tengah dan Timur, Agus Salim dan Abdoel Moeis dari Sumatera Barat, dan AM. Sangaji dari Maluku.
Tiga tahun sebelum BO dibentuk, Haji Samanhudi dan kawan-kawan mendirikan Syarikat Islam (SI, awalnya Syarikat Dagang Islam, SDI ) di Solo pada tanggal 16 Oktober 1905. “Ini merupakan organisasi Islam yang terpanjang dan tertua umurnya dari semua organisasi massa di tanah air Indonesia, ” tulis KH. Firdaus AN.
Berbeda dengan BO yang hanya memperjuangkan nasib orang Jawa dan Madura—juga hanya menerima keanggotaan orang Jawa dan Madura, sehingga para pengurusnya pun hanya terdiri dari orang-orang Jawa dan Madura—sifat SI lebih nasionalis. Keanggotaan SI terbuka bagi semua rakyat Indonesia yang mayoritas Islam.
Sebab itu, susunan para pengurusnya pun terdiri dari berbagai macam suku seperti: Haji Samanhudi dan HOS. Tjokroaminoto berasal dari Jawa Tengah dan Timur, Agus Salim dan Abdoel Moeis dari Sumatera Barat, dan AM. Sangaji dari Maluku.
Lalu
mengapa dalam sejarah pergerakan indonesia banyak terjadi pelencengan sejarah (history anomalies),
apa mereka tidak tahu dengan kenyataan ini?. Atau ini adalah sebuah rekayasa
para petinggi yang tidak suka terhadap islam?, ada sebuah perkataan menarik untuk
direnungkan ketika penulis mengikuti seminar yang di adakan oleh Gerakan Pemuda
Islam (GPI) tanggal 11 maret 2011 kemarin, begini perkataanya “benar dan salah suatu sejarah ditentukan
oleh siapa yang memenangkan kekuasaan”.
-Alhaqu mirrobbik-
-Perbedaan Pundamental Antara Syarikat Islam (SI) Dan
Budi Utomo (BO)-
Tujuan
v SI
bertujuan Islam Raya dan Indonesia Raya,
v BO bertujuan menggalang kerjasama guna
memajukan Jawa-Madura (Anggaran Dasar BO Pasal 2).
Sifat:
v SI
bersifat nasional untuk seluruh bangsa Indonesia,
v BO
besifat kesukuan yang sempit, terbatas hanya Jawa-Madura,
Bahasa:
v SI
berbahasa Indonesia, anggaran dasarnya ditulis dalam bahasa Indonesia,
v
BO berbahasa
Belanda, anggaran dasarnya ditulis dalam bahasa Belanda
Sikap
Terhadap Belanda:
v SI
bersikap non-koperatif dan anti terhadap penjajahan kolonial Belanda,
v BO
bersikap menggalang kerjasama dengan penjajah Belanda karena sebagian besar
tokoh-tokohnya terdiri dari kaum priyayi pegawai pemerintah kolonial Belanda,
Sikap
Terhadap Agama:
v SI
membela Islam dan memperjuangkan kebenarannya,
v BO
bersikap anti Islam
Perjuangan
Kemerdekaan:
v SI
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan mengantar bangsa ini melewati pintu
gerbang kemerdekaan,
v
BO tidak
pernah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan telah membubarkan diri tahun
1935, sebab itu tidak mengantarkan bangsa ini melewati pintu gerbang
kemerdekaan,
Kerakyatan:
v SI
bersifat kerakyatan dan kebangsaan,
v BO
bersifat feodal dan keningratan,
Melawan
Arus:
v SI
berjuang melawan arus penjajahan,
v BO
menurutkan kemauan arus penjajahan,
Kelahiran:
SI
lahir tanggal 16 oktober 1905. Dan Budi
Utomo lahir pada 20 Mei 1908, SI lebih dulu 3 tahun dari BO.
0 komentar:
Posting Komentar